Oleh: mardascopy | 6 Oktober 2009

PERBEDAAN KOPI ARABIKA DAN KOPI ROBUSTA

Arabica adalah kopi tradisional yang bibit awalnya berasal dari jazirah Arabia. Rasanya cenderung lebih ringan karena kadar kafeinnya lebih rendah. Rasanya sedikit pahit dan agak kelat, namun paling enak jika dicampur pemanis. Jenis kopi Arabica yang laris manis adalah jenis Mocha dan Java.

Sementara Robusta adalah jenis kopi yang berasal dari Benua Afrika. Kopi Robusta mengandung kafein paling tinggi. Dikenali dari rasanya yang pahit dan asam. Karena itu kopi Robusta lebih sering diolah menjadi varian minuman kopi semacam espresso.

Dari kelas Robusta, satu jenis kopi yang tidak biasa dan sangat mahal harganya dipasaran adalah jenis Robusta Indonesia yang disebut sebagai kopi Luwak. Istimewanya, kopi Luwak ini dikumpulkan dari biji-biji kopi yang ada di kotoran luwak. Luwak adalah satwa mirip musang yang suka menyantap biji-biji kopi matang yang bermutu sangat baik.

Karena biji kopi yang keras, setelah melalui proses pencernaan, biji kopi bersih (terlepas dari kulitnya) dikeluarkan luwak bersama feses (kotorannya). Mungkin karena proses kimia dalam pencernaan luwak, kopi olahan dari sisa kotoran luwak ini punya rasa yang unik. Beda rasa dengan kopi Robusta biasa, kopi Luwak ini rasanya lebih nikmat dan khas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: